Perusahaan Market Research Di Indonesia

Perusahaan Market Research, Apa itu Riset Pasar?

Riset Pasar atau Market Research dapat didefinisikan sebagai upaya untuk memahami perilaku konsumen. Ini berarti bahwa pengumpulan data secara sistematis tentang orang atau perusahaan – pasar – dan kemudian menganalisisnya untuk lebih memahami kebutuhan kelompok orang/perusahaan tersebut.

Jenis penelitian ini dapat dilakukan oleh perusahaan itu sendiri (yaitu in-house) atau oleh agen pihak ketiga yang berspesialisasi dalam riset pasar.

Perusahaan Riset Pasar

Keuntungan melakukan riset pasar bisnis meliputi:

  • Mengidentifikasi masalah dalam bisnis.
  • Mengidentifikasi perubahan tren pasar dan peluang bisnis terkait serta area baru untuk ekspansi.
  • Memahami kebutuhan pelanggan yang ada dan analisis komparatif layanan yang ditawarkan kepada pelanggan atau pesaing.
  • Mengembangkan strategi yang efektif dan buat keputusan yang tepat tentang layanan.
  • Menetapkan target yang dapat dicapai untuk penjualan, pertumbuhan bisnis, dan pengembangan produk terbaru.

Jenis-jenis riset pasar: riset kualitatif dan riset kuantitatif.

Riset kualitatif: Penelitian kualitatif difokuskan pada kata-kata deskriptif dan simbol-simbol. Biasanya berupa pertanyaan kepada konsumen tentang pengalaman tentang suatu produk atau layanan atau mengamati mereka dalam pengaturan pemasaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam hal ini meliputi wawancara mendalam, focus group, bulletin board, observasi tanpa henti, dan partisipasi/observasi etnografi.

Riset kuantitatif: Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang melihat untuk mengukur masalah yang sering melibatkan analisis statistik karena memerlukan perhatian yang signifikan terhadap pengukuran fenomena pasar. Ini mengumpulkan data melalui audit, pembelian (transaksi pembelian), survei dalam berbagai modalitas (online, telepon, ofline, pertanyaan), dan lain-lain.

Perusahaan Market Research

Dua cara pengumpulan data meliputi Data Primer dan Data Sekunder.

  • Data primer adalah data asli yang dikumpulkan langsung oleh peneliti. Alat penelitian utama yang paling umum adalah survei, kelompok fokus, wawancara mendalam, dan observasi.
  • Data sekunder adalah data yang sudah terkumpul dan sudah tersedia. Data ini merupakan informasi publik yang sudah ada sebelumnya, misalnya data yang dibagikan di sumber publik seperti majalah dan surat kabar, statistik pemerintah; sumber komersial seperti laporan industri berbayar; dan sumber internal yaitu data pasar yang sudah dimiliki organisasi secara internal.

Prosedur yang digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan meliputi (namun tidak terbatas pada) pengujian produk, segmentasi pasar, pengujian iklan, pengujian kegunaan, analisis pendorong utama untuk loyalitas dan kepuasan, penelitian kesadaran dan penggunaan, dan penelitian harga (menggunakan teknik seperti analisis gabungan).

Jenis Perusahaan Riset Pasar

Perusahaan riset pasar dapat berupa perusahaan korporat besar, perusahaan b

isnis kecil, atau perusahaan khusus produk. Perusahaan-perusahaan ini biasanya dikategorikan berdasarkan klien yang mereka ambil alih-alih berdasarkan pekerjaan riset pasar yang mereka lakukan. berikut adalah beberapa jenis perusahaan Riset pasar:

  1. Perusahaan riset pasar sindikasi atau Syndicated market research firm: Perusahaan semacam itu melihat persyaratan pasar dan kemudian menyiapkan laporan mereka sesuai dengan itu. Laporan penelitian ini ditujukan untuk pasar terbuka dan bukan untuk perusahaan tertentu.
  2. Perusahaan Riset Spesialisasi atau Specialty market research firm: Perusahaan semacam itu menawarkan dasar analisis pasar yang disesuaikan untuk kebutuhan klien.
  3. Perusahaan riset pasar khusus atau Specialty market research firm: Sebuah perusahaan dengan fokus pada satu spesialisasi termasuk dalam kategori ini. Perusahaan tersebut terlibat dengan analisis mendalam tentang kebutuhan spesifik klien, misalnya, melakukan studi kelayakan pasar untuk produk percontohan yang akan segera diluncurkan. Contohnya Julizar Consulting yang lebih terfokus pada industri real estat
  4. Perusahaan riset pasar online atau Online market research firm: Perusahaan-perusahaan ini dianggap berguna untuk pemasar online, blogger, dan portal e-commerce online. Mereka menghubungkan pemilik merek/situs web dengan pengguna yang mereka inginkan sambil melakukan analisis online pada saat yang bersamaan.

Analisis online ini memungkinkan pemilik situs web untuk menempati posisi teratas di mesin pencari, memahami inti dari merek mereka di komunitas online, dan dengan demikian mengimprovisasi lini produk mereka yang ada.

Apa metodologi terbaik untuk melakukan Riset Pasar?

Tergantung pada kebutuhan dan tujuan riset pasar yaitu mengukur atau mengeksplorasi, perusahaan dapat memilih antara kelompok fokus dan wawancara mendalam sebagai bagian dari pendekatan kualitatif atau survei online sebagai bagian dari pendekatan kuantitatif.

Haruskah penelitian dilakukan sendiri atau dengan bantuan ahli?

Pertanyaan pertama yang muncul setelah perusahaan memutuskan untuk melakukan riset pasar adalah apakah akan melakukan studi sendiri atau menggunakan bantuan pihak ketiga. Saat menyewa perusahaan riset pasar pihak ketiga memastikan kerahasiaan (untuk pelanggan yang disurvei) dan keahlian, hal itu meningkatkan keseluruhan biaya yang dialokasikan untuk sebuah proyek.

Oleh karena itu, solusi ideal untuk mempekerjakan perusahaan riset pasar atau tidak, bermuara pada analisis biaya/manfaat. Setelah perusahaan mengetahui anggaran risetnya, yang menurut Philip Kotler, adalah 1-2 persen dari penjualan perusahaan, perusahaan dapat membandingkan biaya menyewa perusahaan riset pemasaran dengan biaya membayar satu atau lebih karyawannya untuk melakukan kerja.

Tujuan akhir dari penelitian yang diharapkan juga harus diingat.

Baca juga

Butuh jasa konsultan properti? klik disini